APERSEPSI
Setelah kamu memahami 
macam-macam menu pada sofware multimedia 
seperti adobe flash,adobe photoshop,adobe illustrator,corel draw, dan
lain sebagainya. Maka selanjutnya kamu dapat membuat desain teks multimedia.
Bagaimana cara membuat desian teks multimedia? Untuk lebih  jelas ikutilah uraian materi berikut ini.
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan teks kedalam sajian
multimedia
KOMPETENSI DASAR: mendesain teks multimedia
INDIKATOR: setelah mempelajari materi
ini,diharapkan siswa mampu:
1.     
Menjelaskan
prinsip-prinsip tipografi
2.     
Memahami
cara memdesain teks multimedia.
1. Tipografi
   Apakah tipografi itu? Dalam desain
komunikasi visual tipografi dikatakan 
   sebagai visual language, yang berarti bahasa
yang dapat dilihat. Tipografi 
   adalah suatu ilmu dalam memilih dan menata
huruf dengan pengatuan 
   penyebarannya pada ruang-ruang yang
tersedia,untuk menciptakan kesan tertentu,
  sehingga dapat menolong pembaca untuk
mendapatkan kenyamanan membaca 
  semaksimal mungkin. Peran tipografi adalah
untuk mengkomunikasikan ide 
   atau informasi dari halaman tersebut ke
pengamat. Ahli tipografi disebut tipografer.
2.
Klasifikasi Tipografi
   Terdapat beberapa macam tipografi,yaitu
sebagai berikut:
a. Roman
    Ciri huruf Roman adalah memiliki
sirip/kaki/serif yang berbentuk 
    lancip pada          ujungnya.kesan yang ditimbulkan
adalah klasik,angun,
    lemah gemulai, dan feminin.ermasuk di
dalamnya Times New Roman.
b. Egyptian
    Egyptian memiliki ciri kaki/serif yang
berbentuk persegi seperti papan 
    dengan ketebalan yang sama atau hampir
sama.Kesan yang 
    ditimbulkan adalah kuat,kokoh,kekar dan
stabil.
c. Serif
   Jenis huruf ini memiliki garis-garis kecil
yang disebut counterstroke pada 
    ujung-ujung badan huruf. Huruf serif
dikenal mudah dibaca. Kesan yang 
    ditimbulkan adalah klasik.
d. Sans
Serif
   Sans Serif memiliki ciri tanpa sirip/serif
dan memiliki ketebalan huruf yang 
    sama atau hampir sama. Kesan yang
ditimbulkan adalah modern,kontemporer,
    dan efisien.
e. Script
   Script merupakan goresan tangan yang
dikerjakan oleh pena,kuas, atau 
    pensil tajam dan biasanya miring ke kanan.
Kesan yang ditimbulkan indah dan anggun.
3. Prinsip
Huruf Tipografi
    a. Legibility
       Kualitas pada huruf membuat huruf dapat
dibaca.
    b. Readbility
        Penggunaan huruf dengan memperhatikan
hubungannya dengan huruf lain 
        sehingga terbaca.
    c. Visibility
       Kemampuan suatu huruf,kata,kalimat dalam
suatu karya komunikasi 
       visual dapat terbaca dalam jarak
tertentu.
    d. Clarity
       Kemampuan huruf-huruf dalam karya desain
dapat dibaca dan dimengerti 
       oleh pengamat yang dituju.
4. Kelompok
huruf dari sudut negatif
    a. Ruang negatif lengkung. Contoh:
B,C,D,G,O,R,Q,R,S,U
    b. Ruang negatif sudut segitiga. Contoh:
A,K,N,V,W,X,Y,Z
    c. Ruang negatif sudut persegi. Contoh:
B,E,F,H,I,L,T
5. Kelompok
huruf dari sudut geometri
    a. Kelompok garis tegak datar. Contoh:
E,F,H,I,L,T
    b. Kelompok garis tegak miring. Contoh:
A,K,N,V,W,X,Y,Z
    c. Kelompok garis tegak lengkung. Contoh:
B,D,G,J,P,R,U
    d. Kelompok garis lengkung. Contoh: C,O,Q,S
6. Letter
Syntax
    Penggabungan huruf untuk memperoleh suatu
konfigurasi bentuk baru.hal 
    yang harus diperhatikan yaitu:
   a. Contras: Typeface beda, karakter huruf
beda.
   b. Simplicity: Negatif-Positif tidak terlalu
kompleks.
   c. Proporsi: Antara yang tampak atau tidak
tampak harus tepat supaya legibel.
   d. Synthesis: Penggabungan elemen-elemen
menjadi satu kesatuan.
   e. Overlapping: penumpukan elemen-elemen
menjadi satu.
7. Sistem
Pengukuran
   a. Tinggi huruf
     * Point: tinggi huruf 
       Pica: Panjang huruf 
       Unit: Jarak antarhuruf
       1 pica= 12 pt
       1 inchi= 8 pica
       1 inchi= 72 pica
   b. Panjang baris huruf
      Ideal: 2 eyespan
      Normal 5-6,5/ 12-15 pica
   c. Jarak antarhuruf (kerning)
      Tidak boleh terlalu dekat atau terlalu
jauh.
   d. Jarak antarbaris (leading)
     Tidak boleh terlalu dekat.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar